Skip to main content

Posts

Pemuda Ansor Banyumas, Apa Kabarmu?

Beberapa waktu silam, malam itu. Saya masih ingat betul beberapa pria dewasa menaiki panggung kehormatan. Malam itu, aku sendiri yang menjadi penata acaranya jadi tak heran apabila peristiwa itu sebegitu lekat dalam benakku. Pelantikan Pengurus Gerakan Pemuda Ansor Banyumas. Setelah sekian lama, setidaknya. Setahun setengah lebih terlambat dari jadwal seharusnya, tapi tak mengapa. Its okey. Musyawarah di Pageraji

Bergerak dan Memberikan Arti [Catatan Kesendirian]

..jemari harus tetap digerakan untuk melakukan sesuatu. Inisiatif inilah yang akan membedakan apakah seseorang itu pengangguran ataukah tidak. Predikat ekonomi itu menjadi penting kini. Pekerjaan dianggap oleh sebagian orang sebagai suatu bentuk tanggungjawab personal terhadap kehidupannya dan kehidupan keluarganya. Alhasil, seorang pengangguran akan dianggap sebagai orang yang tidak bertanggungjawab dalam kehidupan keluarganya, apalagi apabila ia merasa nyaman dalam status itu. 

Rokok dalam Investigasi Seorang Santri

Jauh sebelum MUI dan Majelis Tarjih Muhammadiyah menjatuhkan Fatwa Haram terhadap Rokok, Syeikh Ihsan bin Syeikh Muhammad Dahlan (1901-1952), Jampes, Kediri, Jawa Timur, sudah menuliskan perdebatan ulama seputar rokok dalam kitabnya “ Irsyad al-Ikhwan: Fi Bayani Ahkami Syurb al-Dukhan wa al-Qahwa ”. (Petunjuk Kawan: Tentang Hukum Merokok dan Meminum Kopi). Menurut Syeikh Ihsan, sejak kemunculannya di dunia Islam, rokok dan kopi memang sudah merangsang pembicaraan hangat (diskursus) di kalangan ulama. Tulisan ini akan mencoba membaca kembali kitab tersebut menggunakan kerangka pembacaan “relasi kuasa dan pengetahuan” yang diintrodusir dari Michel Foucault——salah satu filsuf pasca-strukturalis Prancis. Menurut Foucault, pengetahuan adalah kekuasaan untuk menguasai yang lain. pengetahuan menciptakan kekuasaan. Juga sebaliknya. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Namun, kekuasaan yang dimaksud di sini bukanlah semacam otoritas tunggal yang mewujud dalam bentuk kekusaan negara atau in

I S B A L; Tela'ah Naqd al-Hadits dan Ushul Fiqh terhadap Kathok Congklang.

Kita tahu ada beberapa hadits yang berkenaan dengan masalah  isbal  (pakaian,celana,gamis yang melebihi mata kaki). Di antaranya hadits-hadits tersebut ada yang jelas tanpa  qoyyid  atau alasan dan ada yang terdapat  qoyyid nya, sehingga muncul beberapa persepsi berbeda para ulama dalam membedah hadits tersebut. Ada pendapat yang mengatakan bahwa  isbal  secara mutlak adalah haram dan ada yang men tafshil  antara haram dan tidaknya.Namun secara umum jika ada beberapa hadits yang membicarakan hal yang sama,lalu di antara hadits tersebut ada yang sifatnya umum dan mutlak sedangkan di sisi lain mengandung kekhususan dengan sebab  qorinah  atau  qoyyid  sebagai penjelas 'illat nya, maka hukum yang ke dua ini adalah yang diprioritaskan. Berikut adalah hadits dari Ibn Umar r.a, Kanjeng Nabi SAW bersabda: "لا ينظر الله إلى من جر ثوبه خيلاء". “ Allah SWT tidak akan melihat orang yang menjulurkan (ngelembrehaken,   mlorodaken , melotrokna ) bajunya karena sombong "

Keterampilan Bela Diri

Account Officer Bank Syari'ah

Tulisan ini, akan membahas mengenai bagaimana peran Account Officer (AO) di bank untuk ikut membangun sektor riil di Indonesia. Bank mempunyai fungsi intermediary dengan mencari dana (giro, tabungan, deposito), kemudian menyalurkan dalam bentuk pinjaman (kredit). Bagaimana jika terjadi missmatch , dana lebih banyak dari kredit yang disalurkan? Ukuran yang wajar, apabila 90% dari dana bisa disalurkan dalam bentuk kredit atau pinjaman. Disinilah peran Treasury Bank , agar uang yang ada tak menjadi idle, dan tetap menghasilkan. Account Officer (AO) adalah orang yang bertugas sejak mencari nasabah yang layak sesuai kriteria peraturan Bank , menilai, mengevaluasi, mengusulkan besarnya kredit yang diberikan. Untuk mendapatkan seorang AO yang berkualitas, diperlukan pendidikan yang memadai dan jam terbang, agar bisa mengenali usaha yang layak dibiayai. Sebelumnya AO akan membuat perencanaan, usaha apa saja yang layak dibiayai di wilayahnya , dan berapa kira-kira dana yang diperlukan u

Sejarah Perbankan di Indonesia

Sejarah mencatat asal mula dikenalnya kegiatan perbankan adalah pada  zaman kerajaan tempo dulu di daratan  Eropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang ke  Asia Barat oleh para  pedagang. Perkembangan perbankan di  Asia,  Afrika dan Amerika] dibawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya baik di Asia, Afrika maupun benua Amerika. Bila ditelusuri,  sejarah dikenalnya perbankan dimulai dari jasa penukaran  uang. Sehingga dalam sejarah perbankan, arti bank dikenal sebagai meja tempat penukaran uang. Dalam perjalanan sejarah kerajaan tempo dulu mungkin penukaran uangnya dilakukan antar kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lain. Kegiatan penukaran ini sekarang dikenal dengan nama Pedagang Valuta Asing ( Money Changer ).  Kemudian dalam perkembangan selanjutnya, kegiatan operasional perbankan berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang atau yang disebut sekarang ini kegiatan simpanan. Berikutnya kegiatan perbankan bertambah dengan kegiatan peminjama