Skip to main content

Mengawal Revolusi dari Bumi Banyumas

Revolusi adalah perubahan yang drastis, fundamental dan frontal. Meski, di titik ini, kasta garis aman pasti akan menggalang aksi resistensi. Jadi, revolusi hanya bagi mereka yang tertindas di dalam kehidupannya. Dan kaum nyaman akan menolaknya. Karena mereka menduga perubahan yang akan terjadi akan merubah status kemapanannya. Padahal, phobia itu bisa jadi keliru, justru selama ia hidup dengan bersikap jujur dan benar maka kenyamanannya akan semakin mapan.

Apa yang harus direvolusikan?
Insyafilah, secara geografis, wilayah Banyumas memiliki lokasi strategis di antero pulau Jawa. Jalur utama lintas tengah Jawa membelah daerah ngapak ini. Kondisi tersebut, tentu, akan sangat potensial bagi pengembangan niaga, transit kaum traveller dan sentral pendidikan. Secara etnik sosial budaya, siapa yang akan meragukan sawab awu para turunan Galuh Purba ini. Orang Banyumas itu etnik, khas dan apa adanya!. Berbaurlah kalian dengan mereka, sepekan saja, maka kalian akan menemukan kehangatan bangsa yang mungkin sudah lama terenggut dari kehidupan sosial. 

Lalu revolusi apa? Kemerdekaan?! Bukan bung!. Sampeyan baru bangun tidur apa? Ndak nyadar jika negara ini, secara de jure, sudah merdeka. Adapun secara de facto, jelas!, nafsi-nafsi.

Comments

Popular posts from this blog