Skip to main content

Islam Nusantara

Islam adalah Nusantara itu sendiri. Ada beberapa kaidah yang patut dipahami oleh umat Islam dan Bangsa Indonesia bagaimana konsepsi Islam Nusantara ini dirumuskan oleh para 'alim ulama pada saat Muktamar Nahdlatul Ulama 2016 di Jombang, dimana Islam Nusantara sebagai salah satu bentuk hasil ijtihad para Ulama pada waktu itu. Adapun konsepsi dasar dari konsep Islam Nusantara tersebut berangkat dari berbagai mashodir al-syari'ah sebagaimana berikut:
  1. العادة محكمة
  2. al-Ma'ruf 'urfan ka al-Masyrut Syartan (hal baik yg sudah dikenal secara kebiasaan diterima seperti halnya syarat)
  3. al-Tsabit bi al-dalalah al-'urf ka al-tsabit bi al-dalalah al-nash (yang ditetapkan dengan indikasi dari adat sama statusnya dengan yang ditetapkan berdasarkan petunjuk nash)
  4. Ma ra'ahu al-muslimun hasanan fa huwa 'indallah hasan (apa yang dianggap baik oleh umat Islam maka di sisi Allah pun dianggap baik).
  5. Taghayyaru al-ahkam bi taghayyur al-amkinah wa al-azman (Hukum berubah sesuai dengan zaman dan tempat.).
Islam Nusantara itu ya cara ber-Islamnya Warga Nahdlatul Ulama sebagai amanat Muktamar NU Jombang. Jadi bukan gaya ala ber-Islamnya FPI, Wahabi apalagi HTI. Kalau ada yang ndak sepaham ya maklum. Kalau ada yang kalap ya biarkan.. lha wong mereka memang bukan NU. Habis mau gimana lagi?

Jarkan saja sak karep-karepnya 😁 

Lebih lengkapnya silahkan lihat keterangan Keputusan Bahtsul Masail Maudhu'iyah PWNU Jawa Timur Tentang ISLAM NUSANTARA di Universitas Negeri Malang 13 Februari 2016 berikut ini:

Atau bisa didownload di sini: Unduh.

Sebagai pemanis dalam postingan ini, juga saia sematkan gambar-gambar atau meme yang menjadi intisari dari konsep Islam Nusantara. Baiklah, silahkan dinikmati postingan ini. Tapi jangan lupa untuk follow blog ini dan komentar di kolom komentar bawah postingan. Terima kasih.









Comments

Popular posts from this blog