Skip to main content

Tugas Mata Kuliah Makro Ekonomi I FEBI IAIN STS Jambi

Tugas ini diberikan dalam rangka pendalaman materi mata kuliah Pengantar Ekonomi Makro bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Check it out!


Petunjuk jawaban:
  1. Lihat kolom komentar facebook di bawah postingan ini. Masukan jawaban anda sesuai kelas yang telah disediakan. Sebelum anda tuliskan komentar, tulis terlebih dahulu nomor urut absen anda dan nama lengkap lalu tuliskan komentar anda.
  2. Berikan kesimpulan pokok pembahasan yang anda pahami terkait video di atas tersebut. Komentar anda minimal tiga (3) paragraf pokok pikiran yang anda tangkap dari pembahasan di atas.
  3. Selamat belajar!











Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nama : wahidatul aslamia
    kelas : H/8
    No absen : 032
    assalamualaikum wr.wb.
    Kesimpulan dari materi di atas terdapat 2 pembahasan yaitu:
    1.PDB
    produk domestik bruto(PDB) adalah nilai pasar dari seluruh barang/jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode waktu tertentu.
    perhitungan PDB dapat dilakukan dng 3 pendekatan yaitu:
    a.pendekatan pengeluaran,terdapat 4 komponen dalam pendekatan ini ialah pengeluaran konsumsi (C),pengeluaran investasi (I),pengeluaran pemerintah (G),pengeluaran ekspor bersih(NX).
    Rumus pendekatan pengeluaran yaitu y=C+I+G+(X-M)
    b.pendekatan pendapatan
    Terdpata 4 komponen dalam pendekatan ini yaitu upah,bunga,sewa,dan laba usaha.
    rumus pendekatan pendapatan yitu y=w+r+i+p
    c.pendekatan nilai tambah

    2. Pertumbuhan ekonomi
    yaitu keadaan dimana nilai PDB meningkat tanpa melihat pertumbuhan penduduk.
    Faktor pendukung pertumbuhan ekonomi yaitu:
    a.Tanah dan kekayaan alam, banyaknya SDA membantu mempermudah dalam perekonomian suatu negara.
    b.jumlah dan mutu penduduk dan tenaga kerja,peningkatan jumlah penduduk yang disertai mutu yang baik dari tenaga kerja akan memperbesar produksi suatu negara dan meningkatkan produktivitas.
    3.barang modal dan teknologi,efek positif dari canggihnya teknologi yaitu dapat menurunkan biaya produksi,dan meningkatkan jumplah produksi serta meningkatkan mutu produk.
    d.sistem sosial dan masyarakat,dilakukan dengan menghapuskan sistem feodal,menanamkan rasa pekerja keras kpd masyarakat.
    Perhitungan tingkat pertumbuhan ekonomi
    Rumus:
    PDB=(PDB Riil) tahun tertentu dikurang PDB Riil tehun sebelumnya dibagi PDB Riil tahun sebelumnya dikali 100%.

    Perhitungan PDB Riil perkapita
    rumus:
    PDB Riil perkapita= PDB Riil dibagi jumlah populasi.

    mungkin hanya ini yang dapat saya simpulkan dari materi diatas, lebih dan kurang nya saya mohon maaf.
    sekian dan terimakasih
    wassalamualikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. NAMA : NURHIKMAH
    LOKAL : II 2 /H
    NIM : EES.150797
    NOMOR ABSEN : 22
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut video diatas saya menarik kesimpulan bahwa dalam perhitungan PDB terdapat 3 pendekatan yaitu : pendekatan pengeluaran,pendapatan,dan pendekatan nilai tambah. Selain itu video di atas juga membahas tentang pengeluaran investasi yang membahas mengenai kegiatan yang dapat meningkat kan kemampuan perekonomian dalam menghasilkan output dimasa depan yang dapat berupa pningkatan stok fisik dari modal maupun stok non fisik.
    Pengeluaran investasi adalah kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan perekonomian dalam menghasilkan outbot dimasa depan yang dapat berupa peningkatan stok fisik dari modal maupun stok non fisik.kategori investasi yaitu membangun rumah,membeli mesin dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
    Pertumbuhan ekonomi karena antara PDB dengan pertumbuhan ekonomi sangat erat hubungannya pertumbuhan ekonomi didefinisikan sebagai kegiatan perekonomian banyaknya barang dan jasa yang diproduksi oleh masyarakat.
    Mungkin hanya itu yg dapat saya simpulkan lebih kurang saya mohon maaf.
    Wassalam.....

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. NAMA : ARJUN DEDI PUTRA
    NIM : EES. 150600
    KELAS : H/8
    NO ABSEN : 05

    Assalamualaikum wr.wb
    Kesimpulan dari materi/video diatas yaitu :
    A. Perhitungan nilai domestik bruto (PDB) yaitu adalah produk domestik bruto ialah merupakan nilai pasar dari seluruh barang atau jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode waktu tertentu.
    Perputaran roda dari perekonomian tersebut adalah menjadi alat yang menjamin masukan pendapatan nasional negara dalam melakukan perhitungan terhadap PDB (produk domestik bruto) terdapat tiga pendekatan yang dapat digunakan yaitu :
    1. Pendekatan pengeluaran
    2. Pendekatan pendapatan dan
    3. Pendekatan nilai tambah
    Melalui pendekatan pendapatan PDB dapat dipandang sebagai total pengeluaran yang dilakukan dalam perekonomian untuk memperoleh barang atau jasa, sedangkan melalui pendekatan pendapatan PDB dapat di pandang sebagai total pendapatan yang diperoleh setiap individu yang terdapat dalam perekonomian.
    Kedua pendekatan ini atau PDB akan menghasilkan nilai yang sama mengingat uang sipembeli sebagai nilai pendapatan bagi si penjual.
    - PDB memiliki 4 komponen dalam perhitungan dengan pendekatan pengeluaran yaitu:
    Pengeluaran konsumsi (C) pengeluaran investasi (I) pengeluaran pemerintah(G) pengeluaran ekpor bersih (NX).
    Rumus pendekatan pengeluaran ( PDB=C+I+G+NX)
    - Pendekatan pendapatan ada 4 faktor produksi pendekatan pendapatan yaitu tenaga kerja, modal,sumber daya alam dan, keahlian. Masing2 faktor produksi ini akan menerima balas jasa yang berupa tenaga kerja(upah) modal(bunga) SDA(sewa) keahlian(laba usaha).
    Rumus pendekatan pendapatan yaitu y=w+r+i+p
    - Pendekatan nilai tambah


    B. pertumbuhan ekonomi
    Pertumbuhan ekonomi didefinisikan sebagai perkembangan kegiatan perekonomian yang menyebabkan bertambahnya barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat.
    1. Ada 4 faktor yang terdapat dalam pertumbuhan ekonomi yaitu :
    - Tanah kekayaan alam, penduduk dan tenaga kerja, barang modal dan teknologi, dan sistem sosial masyarakat
    2. Jumlah dan mutu penduduk tenaga kerja
    Yaitu peningkatan mutu tenaga kerja dapat menjadi pendorong perekonomian suatu negara hal ini bertumbuhnya jumlah penduduk akan memperbesar jumlah tenaga kerja untuk menambah jumlah produksi
    3. Barang-barang modal dan tingkat teknologi
    Dalam barang modal dan tingkat teknologi menumbuhkan arti penting dalam keesisienan dalam pertumbuhan ekonomi.
    Ada efek positif bagi teknologi dalam pertumbuhan ekonomi yaitu teknolog dapat mempertinggi efisiensi produksi barang karena teknologi dapat meninggikan jumlah barang.
    Rumus perhitungan tingkat pertumbuhan ekonomi
    ( tingkat pertumbuhan PDB riil=(PDB riil)t –(PDB riil)t-1x100%
    (PDB riil)1-1
    Sekian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf
    Wassalamualaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  6. NAMA : JUMARNI
    NIM : EES.150709
    LOKAL : II H /8
    No.ABSEN : 14

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menurut pendapat saya video di atas saya menarik kesimpulan bahwa produkmembahas domestic bruto ( PDB )membahas mengenai jumlah produksi barang dan jasa yang di hasilkan oleh unit-unit produksi pada suatu daerah di saat tertentu dan BDB di jadikan sebagai salah satu alat pengukur pertumbuhan ekonomi dan memiliki rumus tersendiri dalam mencari PDB.dan PDB sendiri memiliki beberapa komponen dan memiliki 3 pendekatan yaitu: pendekatan pengeluran,pendapatan dan nilai tambah.
    Selain itu video di atas juga membahas tentang pengeluaran investasi yang membahas mengenai kegiatan yang dapat meningkat kan kemampuan perekonomian dalam menghasilkan output dimasa depan yang dapat berupa pningkatan stok fisik dari modal maupun stok non fisik.
    Disitu juga dinjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi di jelaskan bahwa kapasitas dalam jangka panjang dari Negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang dan jasa kepada produk nya dan di jelaskan juga bahwa pertumbuhan ekonomi juga di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti akumulasi modal .
    Produk domestic Bruto dan pertumbuhan ekonomi sangat erat kaitan nya. Dan di definisikan sebagai kegiatan perekonomian banyak nya barang dan jasa yang di produksi oleh masyarakat.

    Hanya itu yang dapat saya simpulkan dari Vidio yg di atas lebih dan kurang nya saya mohon maaf.
    Wassalam......

    ReplyDelete
  7. Nama : Wiwit Wulandari
    Kelas : H/8
    No absen : 33
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut video diatas saya menarik kesimpulan bahwa produk domestic bruto (PDB) adalah nilai pasar dari seluruh barang atau jasa akhir yang dihasilkan suatu negara dalam waktu tertentu. Dalam melakukan perhitungan PDB terdapat tiga pendekatan yaitu, pendekatan pengeluaran, pendekatan pendapatan dan pendekatan nilai tambah. Pendekatan pengeluaran terdapat 4 komponen yaitu pengeluaran konsumsi, pengeluaran investasi, pengeluaran pemerintahan dan pengeluaran expor bersih.
    Pengeluaran investasi adalah kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan perekonomian dalam menghasilkan ouput dimasa depan. Selain itu ada juga pengeluaran pemerintah yang dibedakan menjadi dua, yaitu pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunan. Yang dimaksud dengan pengeluaran rutin yaitu pengeluaran yang dilakukan untuk membayar gaji pegawai, PNS. Dan pengeluaran pembangunan yaitu pengeluaran untuk membiayai pembangunan.
    Dalam perekonomian terdapat 4 faktor produksi pendekatan pendapatan yaitu, tenaga kerja, modal, sumber daya alam (tanah), keahlian atau kewirausahaan.Pertumbuhan ekonomi didefenisikan sebagai perkembangan kegiatan perekonomian yang menyebabkan bertambahnya barang dan jasa yang di produksi dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  8. assalamu'aiakum..
    nama : Zulfa Rahmi
    kelas : IIf
    nim : EES. 150914
    no absen : 36

    Sebagaimana yang telah ditugaskan saya akan memberikan pertanyaan kepada kelas IIf , bagaiama aliran uang dan barang / jasa dalam video tersebut serta jelaskan hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga. saya hrapkan teman- teman dapat menjawab pertanyaan ini dengan sebaik-baiknya , Trimakasih
    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum.
      nama : firdawati
      kelas : ll f
      nim : EESI50653
      NO.absen : 11

      saya di sini akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari zulfa rahmi.
      uang yang di maksud di sini adalah pengeluaran dan pendapatan. Jadi, uang di sini berperan sebagai pengeluaran bagi rumah tangga dan merupakan pendapatan bagi perusahaan. Dan barang/jasa merupakan produksi dari suatu perusahaan sehingga nantinya akan menimbulkan pembelian dari sebuah rumah tangga, dan itu akan menyebabkan adanya aliran uang dari rumah tangga ke perusahaan.

      sedangkan hubungan timbal balik antara rumah tangga dan perusahaan yaitu rumah tangga sebagai penyedia tenaga kerja, menjual jasa tenaga kerjanya kepada perusahaan. sehingga perusahaan tersebut menjadi mampu untuk menghasilkan barang produksi atau jasa yang nantinya akan di beli oleh rumah tangga. jadi, barang produksi atau jasa yang di beli rumah tangga tersebut akan menjadi uang yang merupakan pendapatan bagi perusahaan. Nah, sebagian pendapatan bagi perusahaan tersebut nantinya akan di gunakan oleh perusahaan untuk membayar upah pekerjanya atau tenaga kerja yang di sediakan rumah tangga tadi.

      cukup di sini jawaban saya, terima kasih.

      WASSALAM

      Delete
    2. assalamualaikum, wr.b
      no urut absen :32
      nama : siti nurasyiah jamil
      nim : ees150875
      lokal : II/F


      aliran sebelah luar di sebut aliran uang, dan aliran sebelah dalam disebut aliran barang/jasa dan aliran tenaga kerja. rumah tangga merupakan penyedia tenaga kerja , menjual jasa sebagai tenaga kerja di sebuah perusahaan, sehingga perusahaan mampu memproduksi/menghasilkan barang/jasa yang akan digunakan oleh rumah tangga. pembelian barang/jasa yang dilakukan oleh rumah tangga rumah tangga yang digunakan memenuhi kebutuhannya, pengeluaran yang dilakukan oleh rumah tangga akan menjadi pendapatan untuk perusahaan, pendapatan yang diperoleh perusahaan uangnya akan digunakan untuk membayar tenaga kerja, dan bayaran tenaga kerja tersebut merupakan pengeluaran perusahaan dan pendapatan untuk rumah tangga.
      hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga yaitu :
      1. perusahaan memerlukan rumah tangga sebagai penyedia tenaga kerja/ jasanya, dan barang yang diperoleh dari rumah tangga.
      2. rumah tangga memerlukan perusahaan untuk menghasilkan barang yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.
      3. pembelian hasil produksi yang dilakukan oleh rumah tangga akan menimbulkan pendapatan bagi perusahaan dan pengeluaran bagi rumah tangga.
      4. hasil pendapatan perusahaan akan dikeluarkan untuk bayar gaji karyawan(rumah tangga) akan menimbulkan pendapatan bagi rumah tangga dan pengeluaran bagi perusahaan.


      terimakasih
      wassalam

      Delete
    3. No absen:33
      Nama:Siti Qomariyah
      Lokal:II/F
      NIM:EES150876


      Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari zulfa rahmi.
      Menurut saya aliran yang berada disebelah luar dikatakan aliran uang sementara aliran sebelah dalam disebut aliran barang atau jasa dan aliran tenaga kerja,setiap uank yang dikeluarkan oleh pembeli menjadi pendapatan bagi sebuah perusahaan,serta pembelian barang dan jasa dari perusahaan kerumah tangga bisa dikatakan aliran uank,hubungan timbal balik dari perusahaan kerumah tangga yang dimaksud disini adalah sebuah rumah tangga menyediakaan tenaga kerja menjual jasa tenaga kerja kepada perusahaan sehingga perusahaan tersebut mampu menghasilkan barang dan jasa yang nantinya mampu dibeli oleh rumah tangga atau disebut aliran luar,sebuah perusahaan menyediakan barang atau jasa lalu di kirim kerumah tanggaa yang nantinya bisa menjadi pendapatan bagi perusahaan dan rumah tangga tersebut,wasalam.

      Delete
  9. Assalamu'alaikum wr.wb
    Nama: Andi hasnawati
    Kelas: II / F
    Nim: EES.150588
    No.absen: 03


    Disini saya akan mencoba semampu saya untuk menjawab pertanyaan dari saudari zulfa rahmi.
    Maksud aliran uang dan barang / jasa yang dimaksud zulfa sudah jelas di video tersebut sebagai pendapatan / pengeluaran. Jadi aliran uang dan barang / jasa yang dimaksud berperan sebagai pendapatan bagi perusahaan dan sebagai pengeluaran bagi rumah tangga. Sehingga perusahaan mampu menghasilkan barang / jasa tersebut setelah itu barang / jasa yang sudah ada nantinya akan menjadi daya tarik pembeli dari rumah tangga tersebut untuk membeli barang atau menggunakan jasa tersebut. Sehingga rumah tangga disini mengeluarkan uang untuk membeli atau menggunakan barang dan jasa tersebut, ini disebut pengeluarannya.
    Nah inilah yang menyebabkan terjadinya aliran uang dari rumah tangga ke perusahaan.

    Sedangkan hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga yaitu: rumah tangga menjual SDM atau jasa yang dimiliki kepada perusahaan, sehingga perusahaan mampu menghasilkan barang dan jasa yang nantinya digunakan oleh rumah tangga sebagai keperluan sehari hari kemudian barang dan jasa yang sudah di perjual belikan perusahaan mendapatkan hasil berupa uang lalu perusahaan akan memberikan upah kepada SDM yang menjadi tenagabkerja tersebut.
    Itulah yang dapat saya sampaikan saya akhiri wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  10. Nama : MARIA ULFAH
    Nim : EES.150745
    Lokal : ll / F

    Assalammualaikum.wr.wb
    Pada ksempatan ini saya akan menjawab pertanyaan dari Zulfa Rahmi, dgn pertanyaan : bagaimana aliran uang & barang atau jasa, hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga.
    Jawaban :
    Pada perhitungan produck domestic aliran uang dan barang atau jasa merupakan kerjasama antar rumah tangga dan perusahaan. Yang mana rumah tangga menyediakan jasa kepada perusahaan dalam kegiatan produksi barang. Sedangkan perusahaan akan menghasilkan produck barang dan upah untk rumah tangga sbagai tenaga kerja dalam memenuhi kebutuhannya.2. Hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga sangat berkaitan erat dalam hal pendapatan dan pengeluaran. Yang mana rumah tangga dlam memenuhi kbutuhan sehari-hari membutuhkan produck/barang dari perusahaan. Dalam rangka tsb, rumah tangga akan mengalami pengeluaran. Sdangkan prusahaan akan mengalami pendapatan dari rumah tangga. Pendapatan tsb brupa nilai uang, kmudian dlam prusahaan pndapatan tersebut akan di gunakan sbagai transaksi pembayaran gaji tenaga kerja. Sekian dan terimakasih. Wassalammualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  11. Nama : MARIA ULFAH
    Nim : EES.150745
    Lokal : ll / F

    Assalammualaikum.wr.wb
    Pada ksempatan ini saya akan menjawab pertanyaan dari Zulfa Rahmi, dgn pertanyaan : bagaimana aliran uang & barang atau jasa, hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga.
    Jawaban :
    Pada perhitungan produck domestic aliran uang dan barang atau jasa merupakan kerjasama antar rumah tangga dan perusahaan. Yang mana rumah tangga menyediakan jasa kepada perusahaan dalam kegiatan produksi barang. Sedangkan perusahaan akan menghasilkan produck barang dan upah untk rumah tangga sbagai tenaga kerja dalam memenuhi kebutuhannya.2. Hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga sangat berkaitan erat dalam hal pendapatan dan pengeluaran. Yang mana rumah tangga dlam memenuhi kbutuhan sehari-hari membutuhkan produck/barang dari perusahaan. Dalam rangka tsb, rumah tangga akan mengalami pengeluaran. Sdangkan prusahaan akan mengalami pendapatan dari rumah tangga. Pendapatan tsb brupa nilai uang, kmudian dlam prusahaan pndapatan tersebut akan di gunakan sbagai transaksi pembayaran gaji tenaga kerja. Sekian dan terimakasih. Wassalammualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  12. Nama :M.Agus Wahid
    Nim :EES.150733
    lokal :II/F

    Assalammualaikum.wr.wb
    Pada ksempatan ini saya akan menjawab pertanyaan dari Zulfa Rahmi, dgn pertanyaan : bagaimana aliran uang & barang atau jasa, dan jelaskan hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga.

    Jawaban :

    Dari apa yang telah dijelaskan di dalam video di atas, aliran uang & barang/jasa hanya berputar seiringan dengan apa yang di hasilkan oleh barang dan jasa, untuk mendapatkan uang.Dan begitu juga uang untuk memperoleh barang dan jasa yang dihasilkan.Perusahaan dan rumah tanggalah yang sangat berperan dalam proses timbal balik antara uang dan barang/jasa. Perusahaan mendapatkan tenaga kerja melalui rumah tangga,dan bagi rumah tangga hal itu menjadi sebuah pendapatan bagi mereka. Sedangkan perusahaan mendapatkan jasa rumah tangga untuk menghasilkan barang.
    yg kemudian barang tsb dijual kembali kepada rumah tangga,yg menjadi pendapatan bagi perusahaan sekaligus pengeluaran bagi rumah tangga.
    sekian dan terima kasih .
    Wassalammualaikum.wr.wb.



    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. NAMA : SAPRIYADI
    NIM : EES.150857
    LOKAL : II/F

    ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
    disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan yg telah diuraikan oleh saudari zulfa rahmi,yg mana pertnyaannya : bagaiama aliran uang dan barang / jasa dalam video tersebut serta jelaskan hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tanggA.

    JAWABAN : dari video tersebut dinyatakan bahwa aliran sebelah luar disebut juga dengan aliran uang, dan aliran sebelah dalam disebut juga dengan aliran barang/jasa dan aliran tenaga kerja.
    rumah tangga menjual jasa tenaga kerjanya kepada perusahaan untuk menghasilkan barang yang nantinya akan dijual kepada rumah tangga untuk memenuhinya kebutuhannya, sedangkan uang yang dihasilkan perusahaan dari rumah tangga tersebut akan digunakan untuk membayar tenaga kerja.
    hubungan timbal balik antara rumah tangga dan perusahaan adalah, rumah tangga membutuhkan barang dari perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya,dan perusahaan membutuhkan tenaga kerja/jasa untuk memproduksi suatu barang.
    terima kasih
    wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  15. assalamualaikum
    nama:ana wahyuni prasetia
    lokal: 2 f
    nim: ees.150587
    no absen: 02
    izin menyampaikan, disini saya sebagai perwakilan dari lokal f akan memberikan pertanyaan kepada rekan ku sekalian.
    baiklah tidak akan panjang lebar, pertanyaannya:
    „Apa yang dapat anda simpulkan dari teori PDB dalam video yg telah dipaparkan ?
    terimakasis dan mohon maaf bila penyampaian kata salah.
    wasalam

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum wr wb
    Nama : Nur faizah
    No absen : 22
    NIM :EES 150793
    Lokal : 2/F
    Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari zulfa rahmi semampu saya...
    Aliran luar adalah aliran uang yaitu pendapatan dan pengeluaran,sedangkan aliran dalam adalah aliran barang atau jasa dan tenaga kerja
    Rumah tangga adalah sebagai penyedia tenaga kerja dan menjual jasa tenaga kerja nya kepada perusahaaan, sehingga perusahaan bisa menciptakan atau menghasilkan barang atau jasa yang kemudian akan di beli oleh rumah tangga. Pembeliaan barang dan jasa oleh rumah tangga akan menghasilkan uang sedangkan uang yang terima dari rumah tangga merupakan pemasukan perusahaan dan pengeluaran bagi rumah tangga...
    Timbal balik nya yaitu hasil pendapatan perusahaan akan di keluarkan oleh perusahaan untuk membayar gaji karyawan atau rumah tangga, rumah tangga membutuhkan perusahaan untuk menghasilkan barang yang akan di gunakan untuk memenuhi kehidupan sehari hari..
    Mungki cukup sekian jawaban dari saya,saya mohon maaf apabila ada kesalahan...
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  18. Nama : amrullah
    No absen : 1
    NIM :EES 150586
    Lokal : 2/F

    assalamualaikum wr.wb
    disini saya akan menjawab pertanyaan dari zulfa rahmi,yang mana pertanyaannya,bagaimana aliran uang & barang atau jasa, hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga.
    aliran luar disebut juga aliran uang atau pendapatan dan pengeluaran sedangkan untuk aliran dalam disebut aliran barang atau jasa tenaga krja.
    hubungan timbal balik antara perusahaan dan rumah tangga adalah:
    rumah tangga menyediakan jasa tenaga kerja kepada perusahaan untuk memproduksi suatu barang yang nantinya akan dijual kepada rumah tangga.
    sedangkan perusahaan menjual hasil barang yang telah dihasilkan dari jasa tenaga kerja kemudian barang tersebut akan dijual kembali kepada rumah tangga.
    sekian terima kasih.
    salam sejahtera untuk kta semua
    wassalmualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  19. NAMA: ANDRE KHAIRULLAH
    LOKAL: II/F
    NIM: EES150589
    NO ABSEN: 04

    assalamu'alaikum
    baiklah dari video di atas saya ingin menanyakan sesuatu hal khususnya lokal II F bagaimana langkah - langkah yang harus kita lakukan apabila kita ingin meningkat pertumbuhan perekonomian negara kita berdasarkan video di atas?

    sekian pertanyaan dari saya, terima kasih.

    ReplyDelete
  20. Nama : Desy Fitriani
    Lokal : II/F
    NIM : EES150625
    no. absen : 08

    asslamualaikum
    disini saya selaku mahasiswi dari lokal II(2)/F akan menjawab pertanyaan dari saudara andre dengan pertanyaan :
    bagaimana langkah - langkah yang harus kita lakukan apabila kita ingin meningkat pertumbuhan perekonomian negara kita berdasarkan video di atas?
    bismillah, menurut saya dari video diatas langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan perekonomian negara ini ialah kita harus memperhatikan sumber daya alam yang dimiliki oleh negara ini, karena banyak sekali sumber daya alam ( SDA ) yang dimiliki oleh negara ini yang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai barang yang dapat dijual dengan harga yang lumayan tinggi, setelah itu dilanjutkan dengan sumber daya manusia ( SDM ) karena bila hanya terdapat SDA siapa yang akan mengolah bahan-bahan tersebut. maka dibutuhkanlah tenaga kerja yang dapat mengolah dan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dinegara kita ini yang ada dilingkungan kita, setelah SDM yang suah bisa memanfaatkan dan mengolah SDA yang ada disekitar maka kita butuh mengembangkan teknologi agar mempermudah dalam proses produksi serta bertujuan meningkatkan mutu dinegara ini dan langkah yang terakhir adalah sistem sosial , nah didalam sistem sosial ini lah sangat dibutuhkan peran masyarakat dalam mengikatkan segala kondisi dari lingkungan serta pendidikan karna dengan membuat anak-anaknya berpendidikan tinggi akan dapat membantu petinggi didalam mengurusi negara ini. itu lah langkah-langkah yang harus kita ambil didalam meningkatkan perekonomian karna bila langkah-langkah tersebut dijalankan bisa sampai meramba ke luar negri, dari ekspor dan impor dapat membantu devisa negara ini serta lebih memanfaatkan segala sesuatu ada dengan hasil yang maksimal. dan negara kita saat ini sedang menjalankan langkah-langkah tersebut secara efisien bahkan lebih keras berusaha dalam menyeimbangkan perekonomian negara ini. itu jawaban dari saya untuk pertanyaan dari andre .. bila terdapat banyak kurangan saya mohon maaf. wasalam

    ReplyDelete
  21. NAMA: ERSANTI LARAS EKA PUTRI
    KELAS: 2F
    NIM: EES.150644
    NO ABSEN: 09

    saya akan menjawab pertanyaan dari nana. Kesimpulan dari video tentang PDB yaitu perhitungan PDB terdapat 3 pendekatan yaitu dengan pendekatan pengeluaran, pendekatan nilai tambah, pendekatan pendapatan.pendekatan dengan pengeluaran dengan pengeluaran konsumsipengeluaran investasi, pengeluaran pemerintah, dan pengeluaran export bersih. Kemudian pendekatan nilai tambah dipandang dengan penambahan dari pendapatan yang di peroleh setiap individu yang terdapat dalam perekonomian. Dan pendekatan pendapatan dapat di pandang sebagai total pengeluaran yang di lakukan dalam perekonomian untuk memperoleh barang atau jasa. Di dalam PDB terdapat aliran uang dan barang/jasa yaitu terdapat rumah tangga yang menyediakan pendapatan dan tenaga kerja dan perusahaan menyediakan barang/jasa dan pengeluaran, kedua alur tersebut saling memiliki fungsi timbal balik dalam menghasilkan barang/jasa.

    ReplyDelete
  22. NAMA:MUHAMMAD IDRIS
    LOKAL: 2 F
    NIM:EES150764


    assalamu'alaikum
    baiklah disini saya akan menjawab pertanyaan dari saudara ANDRE KHAIRULLAH khususnya lokal 2 F yaitu:
    hal yang perlu kita lakukan dalam meningkatkan perekonomian negara kita ialah sangat banyak sekali terutama ialah mengembangkan (SDM) di mana apabila kita sudah mempunyai SDM yang baik otomatis untuk kedepanya akan lebih baik. dan setelah itu kita juga perlu meningkatkan perindustrian dalam negeri yaitu di mana kita harus meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat. dan menghentikan ekspor bahan mentah di mana apabila kita menghentikan ekspor bahan mentah otomatis itu pasti akan mengundang investor - investor asing untuk membuka usaha di indonesia , otomatis itu akan menguntungkan indonesia dan memberi dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian indonesia.

    ReplyDelete
  23. Nama:Rita yanti
    Klas:2 g
    Nim :150841
    Ass.wb,Dari vidio di atas yang dapat saya simpulkan adalah Bahwa pertumbuhan ekonomi suatu negara sangat di pengaruhi oleh pendapatan negara.
    Dalam hal ini,sangat di perlukannya:kerja sama dengan negara lain,meningkatkan kualitas produksi serta memperbanyak exspor dari pada mengimpor.
    Untuk mewujutkannya maka di perlukan:tanah dan kekayaan alam,jumlah dan mutu tenaga kerja,barang,modal dan teknologi serta sistem sosial dan sikap masyarakat.Dengan demikian pertumbuhan ekonomi negara tergantung bagaimana pemerintah dan masyarakatnya memampaatkan kekayaan alam yg ada dan mengololanya dg sebaik mungkin sehingga menghasilkan barang-barang yg berkualitas yg mendukung pertumbuhan ekonomi megara.Baiklah hanya itu yg dapat saya simpulkan lebih dan kurang saya mohon ma'af, kepada allah swt saya mohon ampun...wass.wb.

    ReplyDelete
  24. NAMA:MUHAMMAD IDRIS
    LOKAL: 2 F
    NIM:EES150764


    assalamu'alaikum
    baiklah disini saya akan menjawab pertanyaan dari saudara ANDRE KHAIRULLAH khususnya lokal 2 F yaitu:
    hal yang perlu kita lakukan dalam meningkatkan perekonomian negara kita ialah sangat banyak sekali terutama ialah mengembangkan (SDM) di mana apabila kita sudah mempunyai SDM yang baik otomatis untuk kedepanya akan lebih baik. dan setelah itu kita juga perlu meningkatkan perindustrian dalam negeri yaitu di mana kita harus meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat. dan menghentikan ekspor bahan mentah di mana apabila kita menghentikan ekspor bahan mentah otomatis itu pasti akan mengundang investor - investor asing untuk membuka usaha di indonesia , otomatis itu akan menguntungkan indonesia dan memberi dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian indonesia.

    ReplyDelete
  25. Nama : Julia Pitri Yanti
    Lokal : II / F
    Nim : ESS150707

    asslamu'alaikum
    Saya dari lokal II/F ingin menjawab pertanyaan dari saudari zulfarahmi
    _Uang dalam istilah yaitu pengeluaran atau bisa di sebut dengan pendapatan, dan ia sering mengeluarkan pengeluaran untuk membeli alat rumah tangga dan perusahaan pun mendapat keuntungan, barang/jasa produksi atau jasa yang di beli rumah tangga tersebut akan menghasilkan uang yang merupakan pendapatan bagi perusahaan tersebut, timbal baliknya adalah pendapatan perusahaan akan dikeluarkan oleh perusahaan yang akan untuk membayar gaji karyawan (rumah tangga) dan sebaliknya rumah tangga juga membutuhkan perusahaan yang memenuhi kevutuhan yang diingikan.
    Lebih dan kurang saya mohon maaf
    wassalam

    ReplyDelete
  26. Nama : Indri Oktavia Fransiska
    Lokal : II/F
    Nim : ESS150691

    assalamu'alaikum
    saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari zulfarahmi
    uang dan brang selalu kerja sama dngan perusahaan yang mana rumah tangga menyediakan jasa kepada persahaan yang mempunyai produksi. perusahaan pun menghasilkan produk barang dan menghasilkan uang/keuntungan dalam rmah tangga, hubungannya perusahaan membutuhkan rumah tangga yang selalu diinginkan. dan rumah tangga membutuhkàn perusahaan untk kebutuhan sehari-hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Analisis Struktur Ekonomi Negara Nama:Rita yanti
      Nim :150841
      Rokal:2 g


      Ass.wb.pada kesempatan ini saya menganalisis truktur ekonomi Negara Republik Albania.
      Secara historis,Negara Albania merupakan salah satu negara paling berkembang di Eropa.
      Sebagian besar penduduknya adalah petani,Albania memiliki ekonomi terencana yg menekankan padapembangunan industri.
      Adapun tanaman utama:gandum,jagung dn kentang.tanaman komersial:kapas,tembakau,beras,gula biy,buah-buahan dn kacang-kacangan.peternakan:domba,ayam,babi dn sapi.
      Produk industri utamanya:mineral,minyak olahan,makanan olahan,tekstil,mesin,bahan bangunan dn pupuk.Exspor utamanya:kromit dan bijih mineral,makanan olahan dn produk tembakau.Transportasinya:kereta api dan pesawat,srbagian orang masih bepergian dg kuda/grobak sapi tradisional.
      Baiklah itulah analisis struktur Ekonomi Negara Albania trimaksih,saya akhiri wass.wb.

      Delete
    2. Analisis Struktur Ekonomi Negara Nama:Rita yanti
      Nim :150841
      Rokal:2 g


      Ass.wb.pada kesempatan ini saya menganalisis truktur ekonomi Negara Republik Albania.
      Secara historis,Negara Albania merupakan salah satu negara paling berkembang di Eropa.
      Sebagian besar penduduknya adalah petani,Albania memiliki ekonomi terencana yg menekankan padapembangunan industri.
      Adapun tanaman utama:gandum,jagung dn kentang.tanaman komersial:kapas,tembakau,beras,gula biy,buah-buahan dn kacang-kacangan.peternakan:domba,ayam,babi dn sapi.
      Produk industri utamanya:mineral,minyak olahan,makanan olahan,tekstil,mesin,bahan bangunan dn pupuk.Exspor utamanya:kromit dan bijih mineral,makanan olahan dn produk tembakau.Transportasinya:kereta api dan pesawat,srbagian orang masih bepergian dg kuda/grobak sapi tradisional.
      Baiklah itulah analisis struktur Ekonomi Negara Albania trimaksih,saya akhiri wass.wb.

      Delete
  27. Analisis struktur ekonomi negara eropa
    Nama : Anisatul Husna
    Nim : EES.150593
    lokal :II G
    Assalamu'alaikum.wr.wb pada kesempatan kali ini saya akan menganalisis tentang struktur ekonomi dinegara eropa bagian timur yaitu negara Belarus.

    Dimana Republik Belarus ini adalah sebuah negara yang masih tergolong negara berkembang di Eropa Timur.
    Dengan pendapatan per kapitanya hanya $18.882 Rasio Gini pendapatan negara belarus tergolong masih rendah di eropa timur sekitar(26,5), tetapi Indeks Pembangunan Manusia cukup tinggi yakni 0,786. Komoditas.
    ekspor utama di Belarus adalah minyak bumi (34%) dan mineral (7,8%) dan ada juga gas alam,tanah gemuk, granit, batu gamping, marl, kapur, pasir, kerikil, dan tanah liat. Sistem ekonomi di negara ini masih mengikuti “gaya Soviet”.
    itulah analisis dari saya lebih dan kurangnya saya mohon maaf, saya ucapkan terima kasih. wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Indri Wahyuni
      NIM: EES.150692
      Lokal: 2f
      No. Apsen: 13

      Assalamualaikum wr.wb,, disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari ana wahyuni..
      Dalam video tersebut saya menyimpulkan bahwa BDB/Produk Domestik Bruto adalah nilai pasar dari seluruh barang/jasa akhir suatu negara dalam waktu tertentu. Dalam perhitungan PDB ada 3 macam pendekatan yaitu: Pendekatan pengeluaran, Pendekatan pendapatan, Pendekatan nilai tambah.
      1. Pendekatan pengeluaran, ada empat komponen yaitu:
      a. Pengeluaran konsumsi.
      b. Pengeluaran investasi.
      c. Pengeluaran pemerintah.
      d. Pengeluaran expor bersih.
      2. Pendekatan pendapatan, itu termasuk:
      a. Upah.
      b. Bunga.
      c. Sewa.
      d. Laba.
      3. Pendekatan nilai tambah.
      Dan pertumbuhan ekonomi adalah keadaan dimana nilai PDB meningkat.
      Hanya ini yang dapat saya sampaikan saya akhiri wassalamualaikum wr.wb

      Delete

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di bawah ini.

Popular posts from this blog