Skip to main content

VIRAL #JihadTolakFDS

#JihadTolakFDS

Gelagat Muhadjir Effendi tetap bersikeras memberlakukan Full Day School kelihatannya terbukti. Meskipun masyarakat luas menolak, baik di daerah-daerah maupun di media sosial namun hal ini ditanggapi dingin. Bahkan Meski Presiden Jokowi sudah menyatakan bahwa pelaksanaan Full Day School (FDS) harus ditunda, menunggu Perpres yang sedang disusun, tapi informasi di lapangan, kebijakan itu tetap berlangsung. Bahkan, Dinas Pendidikan di beberapa daerah terlihat mulai memaksakan pelaksanaan kebijakan kontroversial ini. Argumentasi mereka, karena Permendikbud no. 23 Tahun 2017 sebagai dasar hukum FDS belum dicabut, sehigga tetap harus diterapkan.



Bahkan bukan hanya Presiden saja yang terkesan dilangkahi kewenangan terkait pendidikan ini. Kalangan Ulama dan penggiat Pondok Pesantren pun menolak keras kebijakan yang diyakini akan mengebiri entitas madrasah diniyyah dan pondok pesantren se Indonesia. Hal ini akibat berkurangnya waktu belajar agama mereka secara intensif sehabis jam sekolah.


Namun demikian, ternyata tidak setiap daerah membebek taklid buta dengan kebijakan kontroversial ini. Diberitakan beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah berdasarkan keberanian para bupatinya menolak pemberlakuan Permendikbud ini hingga muncul regulasi yang lebih jelas dan kuat sebagai dasar seperti Peraturan Presiden.

Comments

Popular posts from this blog