Skip to main content

Pemaksaan Khilafah Adalah Pemerkosaan Syariat

Khilafah itu bukan sistem pemerintahan Islam yang harus diperjuangkan oleh umat Islam. Karena sejatinya Islam tidak menentukan apalagi mewajibkan suatu bentuk negara dan sistem pemerintahan tertentu bagi para pemeluknya.

Umat diberi kewenangan sendiri untuk mengatur dan merancang sistem pemerintahan sesuai dengan tuntutan perkembangan kemajuan zaman dan tempat. Yang terpenting suatu pemerintahan harus bisa melindungi dan menjamin warganya untuk mengamalkan dan menerapkan ajarankan agamanya dan menjadi tempat yang kondusif bagi kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan.

Bagaimana dengan khilafah?
Sebenarnya Al-Qur'an, masih menurut saya, tidak pernah menggunakan istilah "khilafah" dalam pengertian penguasa (hakim). Al-Qur'an menjelaskan bahwa manusia adalah khalifah Allah di muka bumi, manusia sebagai ras dan bukan manusia tertentu serta tidak dibatasi pada penguasa atau yang dikuasai (Al-Baqarah:30) juga (Shad:26). Daud khalifah Allah di situ kapasitasnya sebagai manusia biasa yang bisa tergoda hawa nafsu dan berbuat kerusakan di muka bumi.

Adapun khilafah sebagai penguasa pemerintahan adalah pengganti seseorang kepada seseorang. Abu Bakar adalah pengganti (khalifah) Nabi, dan Umar pengganti (khalifah) Abu Bakar. Itu sebab pada awal pemerintahannya Umar dipanggil "khalifatu khalifati rasulillah" (pengganti penggantinya Nabi). Ada keberatan kemudian dari salah seorang sahabat atas panggilan tersebut, karena pengulangan kata dan kekhawatiran pengulangannya semakin panjang. Maka diusulkanlah gelar Amirul Mukminin (panglima besar tentara), karena hampir semua orang Islam waktu itu adalah tentara.

Menjadi jelas, bahwa istilah khilafah dalam pengertian penguasa yang mewakili Allah (khalifatullah) di muka bumi tidak menemukan rujukannya dalam tradisi Islam. Sejarah menunjukkah bahwa Umayyah bin Abi Sufyan adalah orang pertama yang memalingkan makna khalifatullah sebagai gelar ras manusia, menjadi gelar yg berorientasi khusus, yaitu penguasa untuk menjustifikasi kekuasannya saat itu....!

المسئلة الثقافية محمد عابد الجابرى

Jadi memperjuangkan khilafah itu tidak Islami.
Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog