The study of the da'wah epistemology from the perspective of KH. Chariri Shofa reveals the concept of thoughts, struggles, masterpieces, and role-model aspects. This typical religious intellectual scholar with his magnum opus of the book "Al-Burhan" summarizes a number of brilliant achievements in the struggle from the local level of Banyumas to the national level. The comprehensive aspect of the da'wah of KH. Chariri Shofa covers literacy regarding Islamic laws, Islamic boarding schools, academic careers, da'wah methodology, and exemplary aspects in the family that inspires society. The climax was the appreciation for KH. Chariri Shofa obtained from the President of the Republic of Indonesia as the winner of the National Sakinah Family Competition in 2016. The epistemology of da'wah built by KH. Chariri Shofa includes the mastery of fundamental sciences in religious texts, especially Arabic language and isṭinbat al-hukmi, spiritual quality, Islamic social proress, and the strong academic capacity. The strongest aspect in the da'wah epistemology of KH. Chariri Shofa is on the scholar-intellectual capacity, role model, and the sympathetic and charismatic methodology of da'wah. The success indicators of the da'wah in the study of this figure are the acceptance of the society and the government, the scientific transformation and role model, and the inheritance of his eternal struggle.
Studi tokoh merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif (qualitive research) yang diaplikasikan guna mengurai problem dalam sejumlah riset akademis. Substansi studi tokoh adalah pada kajiannya yang mendalam, sistematis, kritis terhadap tokoh, gagasan intelektual dan gerakan kemasyarakatan yang melekat pada tokoh tertentu (Mustaqim, 2016). Selama ini, penelitian studi tokoh setidaknya dilaksanakan ke dalam dua ruang lingkup. Pertama, studi tokoh lazim dilakukan dengan pendekatan sejarah (historical approach), bersifat substantif dan diungkap secara ringkas dalam deskripsi khas sejarah. Kedua, studi tokoh diungkap menurut bidang penguasaan keilmuan intelektual obyek yang diteliti. Namun, dalam aspek penelitian, dikotomi pendekatan sesuai premis di atas ternyata mengandung problem tersendiri. Hal ini mengingat studi tokoh senantiasa memiliki penajaman analisis tertentu yang tidak selalu terkait dengan bidang kajian keilmuan akademik tokoh yang diteliti (H. S. Harahap, 2014). Di sini, konsep pengembangan studi tokoh intelektual senantiasa terbuka terhadap aneka tawaran perkembangan paradigma teori studi tokoh dengan segala irisannya.
Kata intelektual
memiliki keragaman pengertian. Dalam kosa kata Indonesia, hal ini diistilahkan
dengan cendikiawan. Dalam bahasa Arab, kata cendikiawan semakna dengan ulūl
albāb yang secara maknawi dipahami sebagai orang
yang memiliki pemikiran serta kejernihan hati nurani dan menggunakannya untuk
memahami berbagai pertanda alam serta dinamika sosial serta mengkonstruksinya
menjadi suatu ilmu pengetahuan sebagai bentuk keagungan ciptaan Tuhan serta mendedikasikannya
bagi kemaslahatan peradaban manusia setempat
(Nata, 2019). Dalam perspektif lain, ulūl albāb disinonimkan dengan istilah ulama
(A. Mustofa, 2016). Sementara, Federspiel dalam Abdul Rozak merumuskan term intelektual adalah
individu terpelajar dalam masyarakat yang membangun kaidah dan pranata nilai sebagai
pedoman bagi komunitas masyarakat tersebut (Rozak, 2015). Sementara, ulama adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan normatif Islam, yang telah menguasai
ilmu-ilmu agama sebagai
suatu persyaratan otoritatif. Adapun istilah ulama-intelektual atau
intelektual-ulama disematkan kepada mereka yang memiliki kualifikasi sebagai
ulama dan intelektual akademisi sekaligus (Niam, 2017).
Dalam term ulama-intelektual tersebut, yang menarik Rahardjo mendefinisikannya sebagai sosok
terpelajar yang
peranannya tidak harus selalu berkaitan dengan spesifikasi keilmuan akademik yang dikuasai atau profesi yang digeluti (Rahardjo,
1993a). Mereka mungkin saja berperan sebagai penggerak
dinamika masyarakat, kritikus politik tanpa harus berjibaku dalam lembaga
politik, pengawal tradisi, seni dan budaya dan aktor pemberdayaan ekonomi
lingkungan masyarakatnya. Bagi Rahardjo, kedudukan intelektual semakna dengan
cendekiawan, meski aspek terminologis cendekiawan lebih mengarah kepada sosok
yang berpendidikan, meski secara praksis cendekiawan mungkin saja tidak harus berijazah
sarjana (Rahardjo,
1993b). Dalam hal ini, karakteristik yang mendasar
adalah, komitmen dan konsen ulama-intelektual atau cendekiawan tersebut dalam
mengurai permasalahan-permasalahan di tengah masyarakat dengan tindakan yang
kongkrit. Di sini, keselarasan penguasaan ilmu agama dan wawasan akademik bergerak dan
mengalir bersama.
Bruinessen
menandaskan substansi ulama-intelektual merupakan seseorang yang menguasai
spesialisasi keilmuan non-agama, namun memiliki wawasan dan komitmen yang kuat
terhadap dakwah ajaran
Islam (Bruinessen,
1992). Perilaku
cendekia dapat ditunjukkan dengan kapabilitas seseorang dalam memandang,
menafsirkan dan merespon problematika sosial secara kritis, objektif dan
solutif dengan semangat iman (Bukhari, 2008). Dalam irisan yang berbeda, Azra
menyebutkan parameter ulama-intelektual terukur dari peranannya yang substantif
dalam pengembangan nilai kebudayaan masyarakat. Hal ini secara sosial
menempatkan mereka secara tidak langsung sebagai tokoh masyarakat. Namun setiap
akademisi muslim intelektual, jika mereka hanya berkutat sebatas profesinya
secara teknis, dan tidak tergerak untuk menjangkau problematika sosial yang
terjadi di masyarakatnya (Azra & Umam, 1998). Manfaat dalam penelitian studi tokoh ini
terumuskan ke dalam sejumlah pertimbangan, antara lain guna mengungkap
kontribusi sang tokoh terhadap masyarakat pada zamannya, pengembangan mata
rantai wawasan ilmu dan pengetahuan dan rujukan bagi pengembangan pribadi
pembaca studi tokoh (H. S. Harahap, 2014).
KH. Chariri Shofa merupakan salah satu tokoh kontemporer paling cemerlang dari Banyumas yang menarik guna dieksplorasi terkait konsep pemikiran dan keberhasilan kiprahnya dalam dunia akademis, dakwah dan sosial masyarakat. Mantan rektor IAIN Purwokerto dan pengasuh pondok pesantren yang pernah meraih nominator keluarga sakinah tingkat nasional ini, dinilai banyak kalangan sebagai sosok pribadi yang layak untuk diteladani. Pemikiran KH. Chariri Shofa yang membumi, banyak ditemukan dalam karya-karya akademis, tema ceramah yang tercermin dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Ada empat segmen karya tokoh tersebut yang menjadi warisan ilmiah dan sosial kemasyarakatan, yaitu: literasi, pondok pesantren, metodologi dakwah dalam moderasi beragama dan konsep perilaku yang sarat keteladanan.
Kodifikasi kontribusi pemikiran ulama-intelektual sumber pondok pesantren merupakan kerja intelektual yang belum banyak dikerjakan. Sejauh ini, studi tokoh banyak yang berhenti hanya sampai pada tahap penulisan biografi ansich. Terputusnya pokok gagasan seorang tokoh pada gilirannya justru akan memudarkan orientasi generasi setelahnya guna membangun strategi perubahan masyarakat. Akulturasi pemikiran yang terputus tersebut pada akhirnya, secara sosial, akan menimbulkan stagnasi siklus peradaban yang menjenuhkan.
Kajian Studi Tokoh; KH. Chariri Shofa
Pendekatan studi tokoh dengan fokus pada pemikiran yang dilakukan dengan
analisa dan pengamatan langsung dalam keseharian tokoh dan konfirmabilitas
kolega serta instrumen karya-karya yang dihasilkan. Hal ini, sebagaimana
diungkap oleh Harahap bahwa objek kajian studi tokoh meliputi obyek material
dan obyek formal. Adapun obyek material dirumuskan sebagai pemikiran seorang
tokoh beserta karya-karyanya. Sedangkan obyek formal merupakan konteks kajian
pemikiran tokoh yang sedang digali dan diteliti (S. Harahap, 2006, hlm.
36).
Diskursus bertajuk konsep penyampaian ilmu pengetahuan perspektif KH. Chariri Shofa merupakan riset ilmiah dalam rangka mengkodifikasi fragmen pemikiran dan strategi perjuangan tokoh
ulama-intelektual kontemporer dari kabupaten Banyumas. KH.
Chariri Shofa merupakan ulama-intelektual yang integritas keilmuannya, baik
secara akademik maupun agama, mampu merevitalisasi pemikiran klasik ke dalam realitas
kehidupan modern hingga mendapat apresiasi hingga tingkat nasional.
Merujuk pada premis
karakteristik ulama-intelektual di atas yang meliputi kapabilitas penguasaan
ilmu keagamaan Islam, apresiasi akademik dan kiprah sosial. Fokus ulasan akan mendeskripsikan secara mendasar
terkait konsepsi dan metodologi dalam memperoleh ilmu pengetahuan serta
bagaimana tahapan implementasinya dalam ranah praksis kehidupan. Ilmu
pengetahuan yang dimaksud di sini meliputi aspek ontologis, epistemologis dan
aksiologis dalam disiplin penggalian ajaran Islam, implementasi ranah akademik
dan buah kebijaksanaan-kebijaksanaan dalam perjuangan kemasyarakatan.
Diskursus pemikiran seputar epistemologi Islam Perspektif KH. Chariri Shofa bertujuan untuk menggali dan memetakan pemikiran sebagai obyek penelitian dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan model sosial terapan. Sebagaimana problematika dan fokus studi yang dikembangkan, narasi akan diarahkan pada pengungkapan pemikiran dan aplikasi tokoh dalam aspek ontologis, espitemologis dan aksiologis terhadap ilmu pengetahuan.
Comments
Post a Comment
Bijaklah dalam berkomentar di bawah ini.