Skip to main content

Posts

LPNU: Gerakan Ekonomi Nahdlatul Ulama

Salah satu amanat khitt h ah yang termaktub dalam statue Nahdlatul Ulama fatsal 3 berbunyi: “ Mendirikan badan-badan oentoek memadjoekan oeroesan pertanian, perniagaan dan peroesahaan, jang tiada dilarang oleh sjara ”, maka ini merupakan amanat tegas bahwa salah satu misi NU adalah mewujudkan kesejahteraan bagi warganya, khususnya mereka yang berada di pedesaan. Nahdlatul Ulama sendiri adalah organisasi massa Islam yang menjadi muara bagi tiga arus besar gerakan Islam Ahlussunnah wal Jamaah pra kemerdekaan Indonesia. Kristalisasi gerakan ini ditandai dengan berdirinya Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air) pada tahun 1916. Lalu dua tahun kemudian didirikan Taswirul Afkar atau Nahdlatul Fikri (Kebangkitan Pemikiran) pada tahun 1918. Dan pada tahun 1918 didirikan Nahdlatut Tujjar sebagai momentum gerakan kemandirian ekonomi ummat . Maka baru pada tahun 2015 berdiri Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama !. B aru pada 2004 Masehi atau pada 1425 Hijriyah , diselenggarak...

Tanpa Tiga Hal ini, Dosen Hanya Akan Membusuk di Kampus

Workshop Jurnal Internasional Kelas Khusus Fighter yang diselenggarakan LP2M UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi hari ini di Auditorium Rumah Kito Hotel. Sekedar kabar saja sih ☺. Entah yang lainnya, namun bagi diriku sendiri memang telah bertekad bulat untuk bekerja (ingat, bekerja. Bukan dikerjai) semenjak memutuskan mendaftar sebagai Aparatur Sipil Negara. Dan dengan segala resikonya, tentunya. Bekerja secara bersih dan profesional demi kemanfaatan ilmuku, keluarga dan kemaslahatan masyarakat Indonesia.

Gawat! ׀ Beberapa Sekolah di Kota Jambi Haramkan Upacara dan Hormat Bendera

Gambar ilustrasi: Bagaimana pengaruh pemahaman teks agama yang minim terkait isbal oleh pendidik sangat berpengaruh terhadap para peserta didik. Sumber: Twitter Denny Siregar . Kabar tak mengenakkan kembali terdengar dari dunia pendidikan dalam lingkungan Dinas Pendidikan Kota Jambi. Sebagaimana berita yang dilangsir situs www.beritadaerah.com  sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Arman dihadapan sejumlah awak media pada Kamis, 17 Desember 2017 silam. Dalam keterangannya Arman menuturkan bahwa benar terdapat beberapa sekolah yang terang-terangan menolak melaksanakan upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya karena alasan keyakinan yang mereka anut melarang untuk itu. " Haram hormat kepada bendera merah putih. Boleh hormat hanya kepada Allah SWT " Tutur pengelola sekolah sebagaimana diungkapkan Arman.

Pemaksaan Khilafah Adalah Pemerkosaan Syariat

Khilafah itu bukan sistem pemerintahan Islam yang harus diperjuangkan oleh umat Islam. Karena sejatinya Islam tidak menentukan apalagi mewajibkan suatu bentuk negara dan sistem pemerintahan tertentu bagi para pemeluknya. Umat diberi kewenangan sendiri untuk mengatur dan merancang sistem pemerintahan sesuai dengan tuntutan perkembangan kemajuan zaman dan tempat. Yang terpenting suatu pemerintahan harus bisa melindungi dan menjamin warganya untuk mengamalkan dan menerapkan ajarankan agamanya dan menjadi tempat yang kondusif bagi kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan. Bagaimana dengan khilafah? Sebenarnya Al-Qur'an, masih menurut saya, tidak pernah menggunakan istilah "khilafah" dalam pengertian penguasa (hakim). Al-Qur'an menjelaskan bahwa manusia adalah khalifah Allah di muka bumi, manusia sebagai ras dan bukan manusia tertentu serta tidak dibatasi pada penguasa atau yang dikuasai (Al-Baqarah:30) juga (Shad:26). Daud khalifah Allah di situ kapasitasnya ...

BUMNU: Suatu Gagasan Nahdliyyinpreneur.

Nahdlatul Ulama adalah organisasi masyarakat Islam terbesar sedunia, tiada yang menampik fakta ini. Dalam amal usahanya, setidaknya terdapat dua badan otonom (banom) yang berkiprah merambah dunia ekonomi keummatan. Pertama, Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU). Kedua, Lembaga Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LazisNU).

PENGUATAN DESTINASI PEMBIAYAAN BANK SYARI’AH VIS A VIS RENTERNIR DI PASAR TRADISIONAL

Modal kerja merupakan instrumen pokok yang dibutuhkan bagi ketersedianya volume b arang-barang yang erat kaitannya dengan kebutuhan oleh konsumen (masyarakat). Modal kerja yang dimaksud merupakan sumber pembiayaan siklus operasional sehari-hari, baik yang bersifat konsumtif maupun produktif. Bagi kalangan pedagang tradisional, yang notabenenya adalah pedagang kecil, mereka pada umumnya kurang memiliki perhatian yang serius di dalam pencarian dan pengelolaan sumber dana modal kerja. Hal ini kerap sekali memaksa para pedagang tradisional dihadapkan dengan situasi dimana mereka kehabisan modal kerja. Perhatian serius terhadap modal kerja bagi para pedagang diyakini akan berpengaruh signifikan bagi peningkatan usaha perdagangan yang ditandai dengan naiknya tingkat pendapatan. Diskursus terkait ketercukupan modal kerja ( adequacy capital ) di kalangan pedagang tradisional merupakan hulu permasalahan keuangan yang berpotensi menimbulkan berbagai problematika serius bagi stabilitas pers...

REKONSTRUKSI EMPOWERING PETANI KARET EKS-TRANSMIGRAN BERBASIS PERNIAGAAN SYARIAH

Karet a1am adalah salah satu komoditi perkebunan yang strategis bagi Indonesia. Ditinjau dari luas areal dan poduksi, karet Indonesia didominasi oleh karet rakyat. Pada tahun 1996 perkebunan karet rakyat tercatat 2.991.628 ha (84%) dengan produksi 1.224.562 ton (76%), sisanya merupakan perkebunan besar negara dan perkebunan besar swasta. Namun demikian perkebunan karet rakyat kondisinya belum kuat dan mantap antara lain: 61% dari total areal karet merupakan tanaman tua menghasilkan, produktivitas rendah 673 kg/ha/tahun karena menggunakan bahan tanaman tidak unggul dan minimnya pemeliharaan, serta sistem tata-niaga yang kurang menguntungkan bagi petani karet [1] . Dengan tidak produktifnya perkebunan karet untuk satu kapling (dua hektar) rata-rata hanya menghasilkan 10–15 Kg karet per hari/satu kali sadap, yang dulu ketika masih produktif bisa mencapai 50–70 Kg karet per hari/satu kali sadap. Curahan waktu kerja pun mengalami perubahan yang tidak produktif. Ketika perkebunan kar...